SALINAN | LAMPIRAN PERATURAN KEPALA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 003/H/HK/2014 TENTANG KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/MADRASAH PADA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH, SEKOLAH DASAR LUAR BIASA, DAN PENYELENGGARA PROGRAM PAKET A/ULA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | |
NO | KOMPETENSI | INDIKATOR |
1. | Membaca berbagai teks Non sastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak. | Disajikan teks bacaan 3–4 paragraf, siswa dapat: • menjawab pertanyaan dengan kata tanya: apa/siapa/bagaimana/mengapa (untuk dua soal) • membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf • menentukan ide pokok salah satu paragraf • menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf. |
Disajikan petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur. | ||
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat | ||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat. | ||
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya. | ||
Disajikan teks drama, siswa dapat: • menentukan tokoh utama • menentukan latar • menentukan amanatnya | ||
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya. | ||
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya. | ||
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat: • menyusun pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf. • Mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat. • Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf. | ||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi yang disajikan. | ||
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang disajikan. | ||
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya. | ||
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya | ||
Disajikan jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai jurusan, siswa dapat: • membuat pernyataan sesuai dengan isi jadwal • menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan tujuan | ||
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/maksud yang terkandung didalamnya. | ||
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya. | ||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat: • menentukan isinya • memperbaiki kalimat yang salah strukturnya. | ||
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya. | ||
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat: • menentukan ringkasannya • menentukan temanya • menentukan pesan yang terkandung didalamnya. | ||
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat: • menentukan pernyataan sesuai dengan isi puisi • menentukan makna kata pada puisi yang disajikan. | ||
2. | Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun | Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut. |
• Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu. • Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat. • Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata hubung yang tepat penulisan. | ||
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat. | ||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan. | ||
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan pilihan kata yang tepat. | ||
Untuk lebih jelas dan lengkap silahkan klik Link di bawah ini :
Sumber : Kemdikbud Republik Indonesia.