Assalamu 'alaikum wr. wb.
Dalam melaksanakan pengajaran membaca dan menulis permulaan, ada beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan oleh seorang Guru, antara lain :
1. Tingkat Perkembangan AnakPerkembangan antara anak yang satu dengan yang lain pasti berbeda-beda, baik secara fisik maupun psikis. Ada yang perkembangannya cepat, sedang dan ada yang lambat. Anak Usia Sekolah Dasar pada umumnya mempunyai kecenderungan untuk meniru serta besar sekali keingintahuan terhadap sesuatu.Selain itu pada anak usia tersebut terdapat potensi yang besar untuk mengembangkan minat, bakat dan kemampuan. Oleh karena itu guru sebagai pendidik hendaknya dapat memanfaatkan kesempatan itu untuk membangkitkan minat, bakat dan kemampuan anak dengan memberikan dorongan serta bimbingan yang tepat sesuai dengan tingkat perkembangannya.
2. Tingkat Kesiapan Anak
Tingkat kesiapan anak dalam menerima pelajaran berbeda-beda. Anak Kelas 1 (satu) yang berasal dari TK (Taman Kanak-kanak) atau dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) tentu lebih siap menerima pelajaran daripada anak yang sama sekali belum bersekolah. Untuk itulah guru hendaknya memberikan perhatian khusus kepada anak yang belum siap agar segera dapat menyesuaikan diri. Sedangkan anak yang sudah siap hendaknya diberi kegiatan tambahan.
Setiap mengajar hendaknya guru berpedoman pada Kurikulum program pembelajaran. Demikian dalam mengajar membaca dan menulis, guru juga harus berpedoman pada Kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya tentang pengajaran membaca dan menulis.
Dalam mengajar Bahasa Indonesia tentang membaca dan menulis, guru berorientasi pada Tujuan Pembelajaran. Tujuan yang tertulis dalam Kurikulum masih bersifat umum, oleh karena itu perlu dijabarkan lebih lanjut dalam tujuan-tujuan khusus dalam Kompetensi Dasar dan Indikator pembelajaran sehingga memudahkan pencapaian serta dapat diukur oleh guru itu sendiri dan dituangkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Bahan pengajaran diambil dari buku-buku terbitan Depdiknas dan buku-buku lain terbitan dari swasta yang telah mendapat ijin dari Kemdiknas tentunya. Guru juga dapat mengembangkan sendiri dengan syarat serta memenuhi kriteria :
- Bahan harus memupuk jiwa dan moral Pancasila.
- Sesuai dengan taraf perkembangan anak.
- Bermanfaat bagi siswa.
- Sesuai dengan perkembangan Ilmu yang terbaru.
- Dapat dikorelasikan dengan mata pelajaran yang lain.
- Memenuhi Tujuan Pendidikan Nasional.
- Menanamkan rasa kebangsaan.
- Mendukung Tujuan Pembangunan Nasional.
Alat peraga / perlatan yang menunjang keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Misalnya : kartu gambar, kartu nama, kartu huruf, kartu kata, kartu kalimat, kartu suku kata,gambar, dan lain-lain.
7. Keaktifan Siswa.
Guru adalah pencipta kegiatan belajar siswa, aktifitas siswa diharapkan lebih banyak dari pada guru. Seperti pepatah " saya mendengar saya lupa, saya melihat saya ingat, dan saya mengerjakan saya mengerti.
8. Sikap membaca dan menulis yang benar.
Antara lain :
- Sikap duduk yang benar.
- Penerangan/cahaya yang baik.
- Letak buku yang baik.
- Cara memegang pensil ketika menulis
Antara lain :
- Metode abjad.
- Metode bunyi.
- Metode suku kata.
- Metode kata lembaga.
- Metode global.
- Metode SAS (Struktural Analitik dan Sintesis)
Wassalamu 'alaikum wr. wb.
(Dari berbagai sumber yang dirangkum jadi satu)
Nahhh info yang sangat bermanfaat nih sob,maaf baru bisa kemari soalnya blogku aku bikin offine kemaren..trims ya sob sdh dishare,hahahyyyy
BalasHapusayo kita rajin-rajin membaca
BalasHapusini patut untuk di jadikan standar untuk siswa dan siswi
BalasHapussehingga kita memiliki tujuan dan aturan dalam membaca
wow, semangat terus untuk siswa sdn kampung sawah4..!!!
BalasHapussepertinya benar juga sahabat.......
BalasHapussaya sangat setuju, memang sudah seharusnya dalam memberikan pengajaran membaca dan menulis untuk tingkatan permulaan harus memperhatikan 4 hal tersebut.....karena itu memang berhubungan dengan sifat dan psikologi anak...
semoga saja anak^ kita bangsa indonesia menjadi cerdas, dan budaya membaca menjadi kebutuhan kita bersama....
salam sukses untuk sahabatku....
maju terus jangan menyerah sobat....
sukses...........
@all : makasih sobat semua atas support dan kunjungannya yaah .... :)
BalasHapusMav sobatku..ane telat kasih coretan dan nengok di sini hehe...coz ada sesuatu hal yg hrs di rampungkan di dunia off line... Wkwk..
BalasHapusJasa kang Eka bersama rekan guru lainnya,memang luar biasa buat kecerdasan tunas2 bangsa...
Terima kasih ya kang...tetap semangat pagi :)
Kang Budi os 19 : Selamat pagi juga kang, hehehe... trima kasih yaah.... :)
BalasHapusSikap duduk yang benar.
BalasHapusPenerangan/cahaya yang baik.
Letak buku yang baik.
Cara memegang pensil ketika menulis
itu termasuk aspek keselamatan kerja ya kang,..hehe(saya mw komen tp bingung,jadinya ngambil itu aja :D )
Kang Misbahhudin : hehehe, ya mungkin termasuk salah satu keselamatan kerja kali kang wkwkaa... makasih yaah udah mampir :)
BalasHapushahayy..iya kang Eka,sekarang saya baru bisa begadang nich,tapi ga pake kopi :D
BalasHapuswao wao wao mantap sekali untuk dipelajari dan sangat-sangat bermanfaat apalagi untuk mendidik Anak-anak.
BalasHapuswas here
BalasHapus. . pak,, disini ada soal^ untuk kelas 2 SD gak?!? cz untuk belajar adekQ nich . .
BalasHapussangat informastif
BalasHapusterima kasih
selamat pagi pak guru semoga tetep semangat jelang mengadapi UN salam
BalasHapus